Program Kegiatan

1. ADIWIYATA

Kata ADIWIYATA berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu dari kata ADI yang berarti besar, agung, baik, ideal atau sempurna dan kata WIYATA yang berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. Sedangkan ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika.

2. DESA BERSERI

Desa Berseri merupakan program yang di canangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam hal pengelolaan lingkungan hidup yang ada di desa sehingga menjadi desa yang bersih, rapi dan indah.

3. GERAKAN TERPADU KALI BERSIH (GETAR KASIH)

Kali atau sungai merupakan salah satu sumber daya air yg ikut menyangga kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga kualitas air sungai perlu kita jaga.

4. PROPER

Proper adalah penilaian kepatuhan dan kinerja pelaku usaha yang bertnggung jawab atas usaha atau kegiatan dibidang pengendalian pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup.

5. BALISTIK (BLITAR LIBAS SAMPAH PLASTIK)

BALISTIK (Blitar Libas Sampah Plasti) adalah salah satu inovasi program untuk mengurangi dan mengelola sampah plastik yang diluncurkn oleh Pemerintah Kabupaten Blitar. Untuk mendukung program BALISTIK tersebut Bupati Blitar telah menerbitkan Surat Edaran No : 660/171.3/409.113/2019 tentang Pengurangan Kantung Plastik dan Sedotan. Surat Edaran tersebut ditujukan kepada pemilik toko modern, pasar tradisional, restoran, café maupun masyarakat Kabupaten Blitar
6. PROGRAM SERULING
Program SERULING (Sejahtera bersama RUmah ramah LINGkungan) merupakan salah satu program percepatan pelestarian lingkungan hidup di seluruh wilayah Kabupaten Blitar. Program ini menitikberatkan pada pengelolaan lingkungan di rumah tinggal sehingga menjadi “Rumah yang Ramah Lingkungan”. Adapun atribut Rumah Ramah Lingkungan meliputi : pengelolaan sampah/limbah dan penyehatan lingkungan, konservasi air, hemat listrik hemat energy serta menumbuhkan bangkitan ekonomi melalui penghijauan dan pemanfaatan lahan pekarangan. Untuk mewujudkan perbaikan pengelolaan lingkungan di rumah tinggal yang ramah lingkungan.
7. GERAKAN BLITAR MENANAM
Gerakan menanam pohon di Kabupaten Blitar sebenarnya juga sudah berjalan dengan baik dan didukung sepenuhnya oleh Bapak Bupati Blitar yang dituangkan melalui Peraturan Bupati Blitar Nomor 37 Tahun 2017 tentang Gerakan Blitar Menanam. Tapi tidak ada salahnya juga untuk lebih meningkatkan keberhasilan Gerakan Blitar Menanam, kita melihat inovasi yang pernah dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat .

8. BANK SAMPAH

Belakangan ini dimana-mana lagi ramai membicarakan tentang Bank Sampah. Mungkin dari beberapa orang sudah sering mendengar dan mengerti tentang Bank Sampah, tapi mungkin juga sebagian orang hanya sering mendengar tapi belum mengerti apa itu sebenarnya Bank Sampah. Untuk itu yuk kita simak lagi bersama apa itu Bank Sampah.

Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.

9. ECO OFFICE

Eco-Office adalah kantor peduli lingkungan , yaitu kantor yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman serta menyehatkan. Sedangkan gambaran mengenai kegiatan apa saja yang bisa kita lakukan dalam eco-office diantaranya mengurangi penggunaan energi, air, limbah padat, re-use, re-duce, re-cycle, penggunaan produk ramah lingkungan, serta kontrol terhadap penggunaan bahan kimia.

10. ECO PESANTREN
Eco pesantren merupakan model pendidikan yang berusaha untuk menghasilkan santri yang memiliki bekal ilmu yang seimbang antara ilmu duniawi dengan ilmu ukhrowi, sehingga dapat menyeimbangkan antara ibadah mahdhah dengan ibadah ghairu mahdhah serta dapat menerapkan konsep Islam yang utuh, yaitu rahmatan lil’alamin.