TPS 3R Jatinom Blitar Jawa Timur

Inovasi Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Campuran Batako (TPS 3R Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar)
Bahwa ternyata sampai saat ini masalah sampah plastik di Indonesia masih belum dapat ditangani dengan baik. Limbah plastik merupakan masalah yang sangat sering di jumpai di daerah perkotaan maupun pedesaan. Penggunaan plastik dalam setiap tahunnya akan terus mengalami peningkatan karena produk makanan, minuman semuanya menggunakan bahan yang terbuat dari plastik. Oleh karena itu guna menanggulangi masalah tersebut kami berbagi sedikit informasi . Di TPS 3R Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro telah memanfaatkan plastik untuk campuran bahan batako. Di TPS 3R ini sampah yang berasal dari masyarakat dipilah menjadi 3 bagian :
1. Sampah organic yang selanjutnya diproses menjadi pupuk kompos. Pemrosesan ini juga dikerjakan di lokasi TPS 3R ini.
2. Sampah anorganik yang masih bernilai ekonomis, sampah ini selanjutnya dijual ke pengepul rosok.
3. Sampah anorganik yang tidak bernilai ekonomis termasuk plastic (residu dari pemilahan sebelumnya), selanjutnya sampah ini dibakar di tungku yang dibuat khusus. Sisa pembakaran sampah ini akhirnya dipakai untuk campuran bahan pembuatan batako.
Sistem pengelolaan sampah plastic tersebut sangat efektif karena tidak ada lagi residu sampah yang harus dibuang ke TPA. Jadi selain bisa menjaga kelestarian lingkungan, system pengelolaan tersebut dapat mengurangi beban pengelolaan sampah di TPA. Oleh karena itu sistem pengolahan sampah plastik ini harus terus dikembangkan, agar di kemudian hari tidak terjadi penumpukan limbah sampah plastic dimana-mana karena kita harus menjaga keberlangsungan bumi kita tercinta ini untuk generasi-generasi muda nantinya.

About admin.web