You are here
Home > Galeri > Galeri Photo > SEJARAH HARI BEBAS KANTONG PLASTIK SEDUNIA

SEJARAH HARI BEBAS KANTONG PLASTIK SEDUNIA

SEJARAH HARI BEBAS KANTONG PLASTIK SEDUNIA
Selamat pagi para mitra lingkungan…………semoga di pagi ini kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia……………
Hari ini kita akan mengingatkan kembali tentang kantong plastik, kenapa sampai ada peringatan tentang Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia??? Perlu diketahui, bahwa sekitar satu juta kantong plastik digunakan di seluruh dunia tiap menitnya, sementara kantong plastik sendiri memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai. Oleh sebab itu setiap tahunnya, tanggal 3 Juli diperingati sebagai International Plastic Bag Free Day atau Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Adapun alasan kenapa kita harus menghindari pemakaian kantong plastic yaitu :
1. Mencemari Lingkungan
Kantong plastik sangat mudah didapat, bahkan kita bisa mendapatkannya secara cuma-cuma dan banyak orang yang menggunakannya. Produk dari plastik umumnya mudah didapat dan harganya murah, sehingga membuat orang dengan mudah membuang kantong plastik. Padahal sampah plastik sangat berbahaya bagi lingkungan, terutama jika dibuang sembarangan.
Kantong plastik yang dibuang sembarangan bisa mengganggu saluran air dan menyebabkan banjir. Jika terbawa sampai ke sungai atau lautan, sampah plastik bisa termakan oleh satwa laut atau burung.
Saat ini 6 dari 7 spesies penyu di dunia terancam punah. Salah satu penyebab ancaman kepunahan tersebut karena adanya sampah plastik di lautan yang bentuknya menyerupai ubur-ubur. Penyu yang memakan sampah plastik ini pun akan mati sehingga populasinya terus menurun.
2. Lama Terurai
Kantong plastik butuh waktu sangat lama hingga bisa benar-benar terurai. Setidaknya dibutuhkan waktu hingga ratusan tahun sampai kantong plastik terurai dalam tanah. Tentunya hal ini akan menyebabkan pencemaran tanah.
Oleh sebab itu promosi lingkungan hidup yang sehat di masa depan dilakukan secara besar-besaran untuk menyadarkan seluruh manusia agar menghindari penggunaan kantong plastik. Untuk menggantikan kantong plastik, kita bisa menggunakan wadah alternatif yang lebih ramah lingkungan. Dan untuk turut merayakan Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia antara lain dapat dilakukan dengan cara tidak menggunakan kantong plastik pada hari peringatan. Sebagai ganti kantong plastik, gunakanlah tas belanja yang dapat digunakan ulang. Ajak teman-teman dan keluargamu untuk tidak menggunakan kantong plastik. Bagikan juga pengalamanmu di media sosial, dan itu kalau kita lakukan bersama-sama secara serentak tentu akan memberikan dampak yang signifikan, dan selanjutnya kita upayakan kebiasaan itu dilakukan juga setelah hari peringatan maka lama-lama kita akan terbiasa tanpa kantong plastik. Yuk kita lakukan……..kita kompak bisa………
Keterangan foto tidak tersedia.

 

Top
RSS
Facebook
Twitter
Instagram