You are here
Home > Uncategorized > DAYA DUKUNG LINGKUNGAN HIDUP

DAYA DUKUNG LINGKUNGAN HIDUP

DAYA DUKUNG LINGKUNGAN HIDUP
Selamat pagi mitra lingkungan tercinta………., masih semangat untuk lebih dekat dengan lingkungan kita????. Yuk…..kita lanjutkan belajar kita dengan mengenal apa yang dimaksut dengan “Daya Dukung Lingkungan Hidup”. Daya dukung lingkungan hidup adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Penentuan daya dukung lingkungan hidup dilakuikan dengan cara mengetahui kapasitas lingkungan alam dan sumber daya untuk mendukung kegiatan manusia/penduduk yang menggunakan ruang bagi kelangsungan hidup. Besarnya kapasitas tersebut di suatu tempat dipengaruhi oleh keadaan dan karakteristik sumber daya yang ada di hamparan ruang yang bersangkutan. Kapasitas lingkungan hidup dan sumber daya akan menjadi faktor pembatas dalam penentuan pemanfaatan ruang yang sesuai.
Daya dukung lingkungan hidup terbagi menjadi 2 (dua) komponen, yaitu
– kapasitas penyediaan (supportive capacity)
– kapasitas tampung limbah (assimilative capacity).
Dalam pedoman ini, telaahan daya dukung lingkungan hidup terbatas pada kapasitas penyediaan sumber daya alam, terutama berkaitan dengan kemampuan lahan serta ketersediaan dan kebutuhan akan lahan dan air dalam suatu ruang/wilayah. Oleh karena kapasitas sumber daya alam tergantung pada kemampuan, ketersediaan, dan kebutuhan akan lahan dan air, penentuan daya dukung lingkungan hidup dalam pedoman ini dilakukan berdasarkan 3 (tiga) pendekatan, yaitu:
– Kemampuan lahan untuk alokasi pemanfaatan ruang
– Perbandingan antara ketersediaan dan kebutuhan lahan.
– Perbandingan antara ketersediaan dan kebutuhan air.
Berbagi pengetahuan itu baik, apa lagi kita bisa menerapkannya dengan baik pula, jaga dan pelihara lingkungan di sekitar kita agar kita senantiasa bisa menikmatinya sampai anak dan cucu kita kelak nanti.

Top
RSS
Facebook
Twitter
Instagram